Penulis / NIM
I GUSTI AYU PURWITA / 151412108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
I GustiAyu Purwita, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Menyelesaikan FPB dan KPK Pada Siswa kelas V SDN No. 81 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. dengan Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam Menyelesaikan FPB dan KPK pada siswa kelas V SDN No 81 Kota Tengah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan secara bertahap, dengan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penerapan model pembelajaran snowball thowing dalam menyelesaikan FPB dan KPK terdapat 16 aspek yang diamati peneliti dalam proses pembelajaran. dari 16 aspek tersebut ada 5 aspek yang penerapannya belum optimal. Selain kelima aspek tersebut, 11 aspek yang lain sudah diterapkan secara optimal oleh Guru RL. Walaupun ada 5 aspek yang belum optimal, tetapi Guru RL menerapkan model pembelajaran snowball throwing dalam menyelesaikan FPB dan KPK pada siswa kelas V SDN No. 81 Kota Tengah Kota Gorontalo sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran model snowball throwing. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam menyelesaikan FPB dan KPK pada siswa kelas V SDN No. 81 Kota Tengah Kota Gorontalo sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran model snowball throwing. Walaupun dari 16 aspek yang diamati masih ada 5 aspek yang penerapannya belum optimal.
Kata kunci: penerapan, Model Pembelajaran Snowball Throwing , FPB & KPK.
Download berkas