Penulis / NIM
MOH. ALFURQKAN DAMOGALAD / 151412112
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Alfurqkan Damogalad. 2016. Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Big Books Siswa Kelas II SDN 2 Lolak Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow, Juruusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univeristas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan oleh Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca nyaring siswa dengan menggunakan media Big Books siswa kelas II SDN 2 Lolak Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow. Berdasarkan hasil penelitian menujukan bahwa dengan menggunakan media Big Books adanya peningkatan cara membaca nyaring siswa. Hal ini dibuktikan dengan daftar nilai, dapat dilihat adanya perubahan dalam peningkatan membaca nyaring siswa kelas II SDN 2 Lolak Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow, untuk kategori mampu (M) pada pelaksanaan observasi awal belum ada, pada pelaksanaan siklus I belum ada dan pada pelaksanaan siklus II ada 12 orang siswa, untuk kategori kurang mampu (KM) pada pelaksanaan observasi awal ada 8 orang siswa, pada pelaksanaan siklus I ada 11 orang siswa dan pada pelaksanaan siklus II ada 1 orang siswa, dan untuk kategori tidak mampu (TM) pada pelaksanaan observasi awal ada 3 orang siswa, pada pelaksanaan siklus I ada 2 orang siswa dan pada pelaksanaan siklus II tidak ada.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa meningkatkan kemampuan membaca nyaring dengan menggunakan media Big Books siswa kelas II SDN 2 Lolak Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow dapat dikatakan siswa mampu membaca dengan baik.
Kata Kunci : Membaca, Big Books.
Download berkas