Penulis / NIM
INGKA N. NURKAMIDEN / 151412117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Ingka N. Nurkmiden. 2016. Meningkatkan kemampuan siswa menggunakan konfiks dalam wacana melalui metode pemberian tugas di kelas VI SDN 6 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan konfiks dalam wacana di kelas VI SDN 6 Bongomeme kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa menggunakan konfiks dalam wacana melalui metode pemberian tugas di kelas VI SDN 6 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang mampu menggunakan konfiks dalam wacana 7 orang atau (58.3%), sedangkan yang kurang mampu 3 orang siswa atau (25%), dan yang tidak mampu 2 orang siswa (16.7%). Kemudian pada siklus II siswa yang mampu menggunakan konfiks dalam wacana 10 orang atau (83.3%), sedangkan yang kurang mampu 2 orang siswa (16.7%) dari siklus I dan Siklus II diberikan bimbingan khusus setelah pembelajaran selesai dengan cara menjelaskan kembali, mendorong dan memotifasi kedua siswa tersebut. Dari data penelitian tersebut disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pemberian tugas pada siswa kelas VI SDN 6 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo kemampuan siswa menggunakan konfiks dalam wacana meningkat.
Kata Kunci : Konfiks, Wacana, Pemberian tugas
Download berkas