Penulis / NIM
HASDILAH PAPUTUNGAN / 151412118
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Hasdilah Paputungan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas II SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd, dan pembimbing II Nurhyati Tine, S.Pd.I., M.H.I.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran example non example pada mata pelajaran PKn di SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Adapun tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui penerapan model pembelajaran example non example pada mata pelajaran PKn di SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun tehnik pengumpulan data ini dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran example non example pada mata pelajaran PKn di kelas II SDN 47 Hulonthalangi Kota Gorontalo hasilnya belum sesuai yang diharapkan. Hal ini terbukti pada saat proses pembelajaran berlangsung masih ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi dan menunjukkan gambar. Hal ini disebakan karena gambar yang digunakan oleh guru belum sepenuhnya dapat menarik perhatian siswa, sehingga juga berdampak terhadap kerjasama siswa dalam kelompok yang tidak terjalin dengan baik.
Kata Kunci : Example Non Example, PKn.
Download berkas