Penulis / NIM
DESAK PUTU NELI CINTIA DEWI / 151412120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Desak Putu Neli Cintia Dewi, 201. Keterampilan Guru Dalam Membimbing Siswa Membaca Peta Di SDN 47 Hulontalangi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing Dra Hj. Hakop Walangadi M.Si dan Pembimbing II Nurhayati Tine S,Pd. I.M.Hi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dalam membimbing siswa membaca peta. Penelitian ini mendeskripsikan"Bagaimana keterampilan guru dalam membimbing siswa membaca peta dikelas IV di SDN 47 Hulontalangi Kota Gorontalo". Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskritif kualitatif. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN 47 Hulontalangi Kota Gorontalo Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam membimbing siswa membaca peta di kelas IV SDN 47 Hulontalangi Kota Gorontalo bahwa keterampilan guru dalam membimbing siswa membaca peta sudah baik dilihat dari bagaimana cara guru membimbing siswa kelas IV dalam membaca peta, seperti dalam proses pembelajaran guru membagi siswa menjadi 3 kelompok dalam 1 kelompok beranggotakan 4 orang dan cara guru membimbing siswa selain membagi kelompok adalah menambah jam mata pelajaran seperti memberikan les kepada siswa-siswa kelas IV. Sehingga siswa yang belum paham membaca peta sudah mulai paham dalam membaca peta.
Kata kunci: Keterampilan, guru, membimbing siswa, membaca peta.
Download berkas