Penulis / NIM
LIANA PURNAMA SARI POBELA / 151412121
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Liana Purnama Sari Pobela. 2016. Meningkatkan Kemampuan Memerankan Karakter Tokoh Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univeristas Negeri Gorontalo. Pembimbing Dra. Dajani Suleman M.Hum sebagai Pembimbing I dan Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd sebagai Pembimbing II
Masalah dalam penelitian ini adalah "Kemampuan siswa memerankan karakter tokoh dalam cerita melalui metode bermain peran di kelas V SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo ? dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode bermain peran?". Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa memerankan karakter tokoh dengan menggunakan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas V SDN 3 Limboto Kabupaten Gorontalo dengan jumlah 29 siswa yang terdiri 14 laki-laki dan 15 perempuan yang pada siklus I menunjukkan bahwa yang mampu memerankan karakter tokoh dalam cerita 12 siswa atau 41,3%%, kurang mampu 11 siswa atau 37,9% dan yang tidak mampu 6 siswa atau 20,6%., pada siklus II menunjukkan bahwa yang mampu memerankan karakter tokoh dalam cerita 22 siswa atau 75,9%, kurang mampu 7 siswa atau 24,1% . Dalam hal ini siswa yang kurang mampu diberikan bimbingan secara individual agar siswa tersebut lebih mengerti terhadap materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran kemampuan memerankan karakter tokoh pada siswa kelas V SDN 3 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata kunci : Memerankan Karakter Tokoh,Bermain Peran
Download berkas