Penulis / NIM
RISKA ABDULLAH / 151412133
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
RISKA ABDULLAH. 2016. Analisis Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SDN Nomor 95 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, Msi, dan Pembimbing II Dra. Hj, Salma Halidu S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimanakah pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan oleh guru kelas di SDN Nomor 95 Sipatana Kota Gorontalo". tujuan penelitian ini "untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SDN Nomor 95 Sipatana Kota Gorontalo". Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan analisis pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SDN Nomor 95 Sipatana Kota Gorontalo. Instrument penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari identifikasi Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SDN Nomor 95 Sipatana Kota Gorontalo bahwa layanan Bimbingan dan Konseling dilaksanakanoleh guru kelas sebagai berikut : 1) Bimbingan pribadi : Melakukan bimbingan tersendiri bagi siswa yang bermasalah, melakukan komunikasi dengan pendekatan Verbal dengan peserta didik, melakukan kunjungan rumah, 2) Bimbingan Sosial : Menanamkan cara bergaul yang baik sesuai dengan aturan, nilai agama, serta sopan santun baik, menanamkan cara bergaul yang baik sesuai dengan aturan, nilai agama, serta sopan santun, menanamkan sikap toleransi dan sikap saling menghargai. 3) Bimbingan belajar : Memberi pelajaran tambahan, kegiatan ekstrakulikuler. 4) Bimbingan karier yaitu membantu siswa mengenali dan mulai mengarahkan diri untuk masa depan karier disesuaikan dengan bakat dan minat anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan penelitian ini maka dapat di simpulkan bahwa dalam melaksanakan keempat layanan bimbingan tersebut guru kelas di SD belum dapat dilakukan secara optimal karena mngingat banyaknya tugas dan tanggung jawab guru kelas, selain melaksanakan program pengajaran,administrasi juga melakukan bimbingan.
Kata Kunci : Permasalahan, Penerapan , Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling
Download berkas