Penulis / NIM
DESI POLINTO / 151412138
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Polinto Desi. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Pelestarian Alam Melalui model pembelajaran Students Teams Achievement Divisions (STAD) Di Kelas III SDN 09 Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris PanaI, M.Pd Dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Hasil belajar siswa tentang materi pelestarian alam dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran STAD?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 09 Dulupi Kabupaten Boalemo pada mata pelajaran IPA tentang materi pelestarian alam melalui model pembelajaran STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian 17 siswa di kelas III SDN 09 Dulupi tahun 2016. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan metode STAD maka hasil belajar siswa tentang materi pelestarian alam meningkat. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis ditunjukan dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I siswa yang memperoleh ketuntasan belajar ada 11 siswa atau 64,70% dan siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan belajar ada 16 siswa atau 94,11%. Dari pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan model pembelajaran STAD hasil belajar siswa pada materi pelestarian alam di kelas III SDN 09 Dulupi Kabupaten Boalemo mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Hasil belajar siswa, model pembelajaran, Students Teams Achievement Divisions.
Download berkas