SKRIPSI

Penulis / NIM
SUSANTI NGABITO / 151412141
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Susanti Ngabito, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Bilangan bulat di Kelas IV SDN 04 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SDN 04 Telaga Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SDN 04 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas di kelas IV SDN 04 Telaga Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, dari 24 siswa yang dikenai tindakan, yang memperoleh nilai kriteria ketuntasan minimal 75 ke atas hanya 9 siswa atau 37,5%, sedangkan yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal 75 ke atas sebanyak 62,5%. Hal ini belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan siklus II, dari 24 siswa yang dikenai tindakan sebanyak 20 siswa atau 83,4% yang berhasil mencapai nilai kriteria ketuntasan, sementara yang belum berhasil hanya 16,6%. Hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pemahaman konsep penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SDN 04 Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Make a Match, pemahaman konsep, penjumlahan bilangan bulat
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011