Penulis / NIM
RAHAYU HARUN / 151412144
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
RAHAYU HARUN 2017. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PEMBELAJARAN IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV SDN 38 HULOMDALANGI KOTA GORONTALO, Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berdasarkan identifikasi di atas maka penelitian ini, dibatasi pada peningkatan hasil belajar siswa tentang materi sumber daya alam dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) di kelas IV SDN NEGERI NO.38 HULONDALANGI KOTA GORONTALO. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah berdasarkan rumusan masalah yang di ajukan dalam penelitian ini maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sumber daya alam , melalui pendekatan pembelajaran kontekstual di SDN NO.38 Hulondalangi Kota Gorontalo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas subjek penelitian 25 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah " jika dalam pembelajaran digunakan pendekatan Kontekstual maka hasil belajar siswa tentang sumber daya alam di kelas IV SDN NO.38 Hulondalangi Kota Gorontalo akan meningkat". Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPA sebanyak 11 siswa dengan presentase 55% sedangkan siklus II, telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 17 siswa dengan presentase 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekata kontekstual(CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN NO.38 Hulondalangi Kota Gorontalo
Kata Kunci: Hasil Belajar, Sumber Daya alam, Pendekatan Kontekstual CTL
Download berkas