Penulis / NIM
REINALDI SAPUTRA MOKODOMPIT / 151412147
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Mokodompit S. Reinaldi 2019. Kemampuan Siswa Berbicara dengan Model Pembelajaran Artikulasi di Kelas IV SDN 1 Gentuma Raya Kabupaten Goronralo Utara. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1, Dr. Hj. Rusmin, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II, Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini di rumuskan bagaimanakah kemampuan siswa kelas IV SDN 1 Gentuma Raya dalam berbicara dengan model Artikulasi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas IV SDN 1 Gentuma Raya dalam berbicara dengan model artikulasi. Model yang digunakan dalam penulisan adalah metode penelitian deskriftif kualitatif.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa Kelas IV SDN 1 Gentuma Raya diperoleh 70% yang mampu dalam berbicara atau 14 orang siswa, yang kurang mampu berbicara mencapai 10% atau 2 orang siswa dan yang tidak mampu berbicara 20% atau 4 orang siswa dari 20 orang siswa secara keseluruhan, dilihat dari 4 aspek penilaian yaitu pilihan kata, keruntutan cerita, kelancaran berbicara dan kesesuain dengan model yang digunakan. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa dalam berbicara dengan menggunakan model Artikulasi tepat digunakan di kelas IV SDN 1 Gentuma Raya.
Kata Kunci : Kemampuan , Berbicara, Model Artikulasi.
ABSTRACT
Mokodompit S. Reinaldi 2019. Students' Ability to Speak with the Articulation Learning Model in Class IV SDN 1 Gentuma Raya, North Goronralo Regency. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, Gorontalo State University. Supervisor 1, Dr. Hj. Rusmin, S.Pd, M.Pd and Supervisor II, Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd
The problem in this research is formulated how the ability of grade IV students of SDN 1 Gentuma Raya in speaking with the Articulation model? The purpose of this study was to describe the ability of grade IV students at SDN 1 Gentuma Raya in speaking with an articulation model. The model used in writing is a qualitative descriptive research method.
The results of the study and discussion showed that the speaking ability of the fourth grade students of SDN 1 Gentuma Raya was obtained by 70% who were able to speak or 14 students, 10% or 2 students who were unable to speak and 20% or 4 students of 20 students as a whole, seen from 4 aspects of the assessment, namely word choice, story sequencing, fluency in speaking and conformity to the model used. Thus, this study can be concluded that the speaking ability of students in speaking using the Articulation model is appropriate for use in grade IV SDN 1 Gentuma Raya.
Keywords: Ability, Speaking, Articulation Model.
Download berkas