Penulis / NIM
WAHYUNI PULUMODUYO / 151412154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Wahyuni, Pulumoduyo. 2016. Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Membaca Puisi Pada Siswa Kelas V SDN 13 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam membaca puisi pada siswa kelas V SDN 13 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam membaca puisi pada siswa kelas V SDN 13 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, dengan penelitian deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada guru dan siswa kelas V SDN 13 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara, ternyata sebagian besar dari 16 orang siswa, yang mampu membaca puisi ada 13 siswa atau 81% dan yang kurang mampu membaca puisi ada 2 siswa atau 12% , sedangkan yang tidak mampu membaca puisi 1 orang siswa atau 6%.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi yang dilakukan oleh guru, dapat membuat siswa kelas V SDN 13 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara lebih berani dan baik dalam membacakan puisi di depan kelas.
Kata kunci: Metode Demonstrasi, Puisi
Download berkas