Penulis / NIM
NOVARIANTI DJIBRAN / 151412159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Novarianti Djibran. 2016. Penerapan Keterampilan Mengelola Kelas Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di kelas II SDN 5 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin belajar pada siswa kelas II SDN 5 Batudaa Kecamatan Batudaa dengan penerapan keterampilan mengelola kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK dengan jumlah siswa 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan siklus I pertemuan I dan II belum sesuai dengan yang diinginkan, sehingga dilanjutkan dengan pelaksanaan tindakan siklus II. Siklus II pertemuan II, hasilnya meningkat yaitu, tidak makan dan minum di kelas 100%. Mengerjakan tugas yang diberikan guru, 15 orang atau 96% termasuk kategori disiplin, 1 orang atau 6% termasuk kategori tidak disiplin. Tidak mengganggu teman sebangku, 14 orang atau 88% termasuk kategori disiplin, 2 orang atau 12% termasuk kategori tidak disiplin. Tidak ribut di dalam kelas, 12 orang atau 88% termasuk kategori disiplin, 2 orang atau 12% termasuk kategori tidak disiplin.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengelola kelas dapat meningkatkan disiplin belajar siswa kelas II SDN 5 Batudaa Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Keterampilan mengelola kelas, disiplin belajar.
Download berkas