Penulis / NIM
NILAN PANIGORO / 151412160
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
Nilan Panigoro. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Siswa Kelas IV SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidkan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum. dan pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini " Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Dengan Menggunakan Metode Speed Reading Di Kelas 1V SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo ?." Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan metode speed reading pada siswa kelas IV SDN 6 Limboto kabupaten Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada hasil observasi awal dari 30 siswa 13 orang atau 43.3% yang mampu sedangkan yang tidak mampu membaca berjumlah 17 orang atau 56.7%. Pada pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan kemampuan membaca yaitu dari 30 jumlah siswa ada 18 orang atau 60% yang mampu membaca, sedangkan 3 orang atau 10% kurang mampu, dan 9 orang atau 30% tidak mampu. Pada siklus II meningkat menjadi 28 orang siswa atau 93.3% yang mampu sedangkan 2 orang atau 6.7% yang kurang mampu. Hal ini menunjukan bahwa indikator yang telah ditentukan sudah tercapai yaitu 80% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 ke atas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca dengan menggunakan metode speed reading pada siswa kelas IV SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata kunci : Pengertian membaca, metode speed reading
Download berkas