Penulis / NIM
SRI INGKA NELAWATI SUPU / 151412162
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Sri Ingka Nelawati Supu 2016. Analisis Penggunaan Model Mind Mapping Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas III SDN 47 Hulontalangi Kota Gorontalo Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II, Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan Bagaimanakah Penggunaan Model Mind Mapping Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas III SDN 47 Hulontalangi Kota Gorontalo ? Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Penggunaan Model Mind Mapping Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas III SDN 47 Hulontalangi Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif berdasarkan hasil penelitian.
Hasil penelitian ini adalah adanya kreativitas siswa dalam membuat mind mapping di kelas III SDN 47 Hulontalangi Kota Gorontalo. Secara keseluruhan 28 siswa kelas III SDN 47 Hulontalangi sudah mampu membuat peta konsep dengan baik pada materi PKn tentang harga diri serta evaluasi guru terhadap materi PKn dapat dikerjakan siswa memberikan hasil yang baik.
Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru telah baik dalam menggunakan model pembelajaran mind mapping pada pembelajaran PKn di kelas III SDN 47 Hulontalangi Kota Gorontalo. Serta kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran mind mapping pada pembelajaran PKn dapat juga dibuktikan dengan penggunaan media pembelajaran yang sudah digunakan dengan baik atau dimanfaat dengan baik sehingga hasil kemampuan siswa sangat baik pada mata pelajaran PKn .
Kata Kunci : Analisis, Mind Mapping, PKn
Download berkas