Penulis / NIM
APIPA ILYAS / 151412169
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Abstrak
ABSTRAK
Apipa Ilyas, 2016. Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Talking Stick pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembeimbing I Drs.H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, Pembimbing II Basri Amin, S.Sos, M.A.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa dengan menggunakan Model Talking Stick pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam memotivasi belajar siswa dengan menggunakan model talking stick SDN 2 Telaga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi wawancara dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran di kelas V sudah maksimal, karena dari 24 siswa yang diberikan pelajaran ilmu pengetahuan sosial materi proklamasi kemerdekaan oleh guru kelas V tersebut sudah sebahagian besar dalam hal minat perhatianya, bahkan semangat dan tanggung jawabnya serta rasa senang dan reaksi belajarnya semakin besar sehingga para siswa sudah memahami pembelajaran yang diajarkan oleh guru dengan menggunakan model talking stick. Hal tersebut karena adanya upaya dan motivasi yang diberikan oleh guru terhadap siswa dengan menggunakan model talking stick. Model talking stick ini dapat membuat siswa aktif, tertarik, dan termotivasi dalam belajar IPS.
.
Kata Kunci: Pelajaran IPS, Motivasi Belajar Siswa, Model Talking Stick.
Download berkas