Penulis / NIM
TIRTAWATI SALEH / 151412170
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
TIRTAWATI SALEH. 2016. Kemampuan Siswa Membaca Dengan Menggunakan Model Cooperative Intrageted Reading and Composition (CIRC) Di kelas V SDN 9 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaiman Kemampuan Siswa Membaca Dengan Menggunakan Model Cooperative Intrageted Reading and Composition (CIRC) di kelas V SDN 9 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan Kemampuan Siswa Membaca Dengan Model Cooperative Intrageted Reading And Composition (CIRC) Di kelas V SDN 9 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Penelitian Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa membaca menggunakan Model CIRC yaitu 22 atau 78,57% siswa yang mampu membaca, 3 atau 10,71% siswa kurang mampu membaca, dan 3 atau 10,71% orang siswa tidak mampu membaca.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa di kelas V SDN 9 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo sudah sebagian besar siswa mampu isi bacaan, menentukan ide pokok dan memberikan tanggapan.
Kata Kunci : Membaca, Model Cooperative Intrageted Reading and Composition (CIRC)
Download berkas