Penulis / NIM
HARYATI J. AMLEYA / 151412173
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Haryati amleya, 2018. Meningkatkan Kemampuan mengklasifikasikan benda melalui permainan kotak raba di kelas I. SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah permainan kotak raba dapat meningkatkan kemampuan mengklasifikasi benda pada matapelajaran bahasa Indonesia di Kelas I SDN 06 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengklasifikasi benda melalui permainan kotakraba kelas I SDN 06 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar pengamatan kegiatan guru, test, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Permainan kotak raba dapat meningkatkan kemampuan mengklasifikasikan benda siswa kelas I SDN 06 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Hal inidapat dilihat dari hasil observasi awal terdapat 15 orang siswa atau 75% dari 20 orang siswa secara keseluruhan yang belum mampu mengklasifikasikan benda selanjutnya pad asiklus I, jumlah hasil kemampuan siswa mengklasifikasikan benda yaitu sebesar 50 % atau 10 orang siswadari 20 siswa secara keseluruhan. Setelah diadakan reflexi dan perbaikan pembelajaran kembali pada siklus II, jumlah hasil kemampuan siswa mengklasifikasikan benda meningka tmenjadi 18 orang siswa atau 85 %. Dengan pengertian bahwa siklus I kesiklus II mencapai peningkatan sebesar 35 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kemampuan mengklasifikasikan benda melalui permainan kotak raba di kelas I. SDN 6 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Mengklasifikasi, Benda, Kotak Rab
ABSTRACT
Haryati amleya, 2018. Improving the ability to classify objects through touch box games in class I. SDN 6 West Limboto Gorontalo District Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra. Dajani Suleman, M. Hum and Advisor II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd
Formulation The problem in this study is whether the touch box game can improve the ability to classify objects in Indonesian language classes in Class I SDN 06 West Limboto Gorontalo District? The purpose of this research is to improve the ability to classify objects through class I game of SDN 06 Limboto Barat Gorontalo District. The research method used is Classroom Action research. Data collection techniques used are observation, observation sheet teacher activities, tests, and documentation.
The results of this study indicate that the touch box game can improve the ability to classify objects of class I SDN 06 Limboto Barat Gorontalo District. This can be seen from the results of preliminary observations that there are 15 students or 75% of the 20 students as a whole who have not been able to classify objects further in the first cycle, the number of students' ability to classify objects is 50% or 10 students from 20 students as a whole. After reflexing and repairs to learning in the second cycle, the number of students' ability to classify objects increased to 18 students or 85%. With the understanding that cycle I of cycle II reaches an increase of 35%. The conclusion of this study is that the ability to classify objects through touch box games in class I. SDN 6 West Limboto Gorontalo Regency increases.
Keywords: Classification, Objects, Boxes Rab
Download berkas