Penulis / NIM
HAYUN Y. ABDUL / 151412177
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Hayun Y Abdul. 2016. Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbahasa Daerah Gorontalo Menggunakan Model Picture And Picture Di Kelas V SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Yusuf Jafar M.Pd, dan Pembimbing II, Dr. H. Haris Mahmud S.Pd, MS.i
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Picture And picture kemampuan siswa berbahasa daerah Gorontalo pada materi Upacara adat Gorontalo di kelas V SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo dapat Meningkat? Tujuan penelitian yaitu untuk Meningkatkan kemampuan belajar siswa tentang berbahasa daerah Gorontalo pada materi upacara adat Gorontalo dengan menggunakan model picture and picture. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu kelas V yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini dilaksanakan melalui proses siklus I dan siklus II
Berdasarkan pada observasi awal diperoleh hasil kemampuan membaca dari 26 siswa hanya 6 orang siswa yang mampu (23%), kemudian pada siklus I kemampuan siswa berbahasa daerah Gorontalo menggunakan model Picture And Picture meningkat menjadi 65 % berjumlah 17 siswa yang mampu. Selanjutnya pada siklus II memperoleh peningkatan berjumlah 23 Orang dengan presentase 88%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Mulok tentang Berbahasa Gorontalo pada materi Upacara adat gorontalo di kelas V SDN 56 Dumbo Raya Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Berbahasa daerah Gorontalo dan Picture and Picture
Download berkas