Penulis / NIM
RAHMAWATY MAARUF / 151412181
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Rahmawaty Maaruf, 2016. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Telaga. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Hj. HakopWalangadi, M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 4 Telaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 4 Telaga. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa guru SDN 4 Telaga sudah memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan baik tapi masih menemukan beberapa kendala yang dihadapi oleh guru.
Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan untuk siswa.
Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Sumber Belajar, IPS
Download berkas