Penulis / NIM
SUSANTI LAHIDJUN / 151412184
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Susanti Lahidjun. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Luas Bangun Datar Pada Siswa Kelas V SDN No. 99 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan menghitung luas bangun datar pada siswa kelas V SDN No.99 Sipatana Kota Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung luas bangun datar pada siswa kelas V SDN No.99 Sipatana Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 20 siswa yang diberi tindakan pembelajaran terdapat 8 siswa atau 53,3% yang memperoleh nilai 75 ke atas. Dengan demikian, indikator kinerja 75% siswa memperoleh tindakan nilai 75 ke atas belum tercapai, sehingga tindakan pembelajaran di lanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 17 siswa atau 89,5% siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas, pembelajaran sudah tercapai sehingga tindakan tidak di lanjutkan lagi. Disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran make a match kemampuan menghitung luas bangun datar pada siswa kelas V SDN No. 99 Sipatana Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan Menghitung Luas Bangun Datar, Make A Match.
Download berkas