Penulis / NIM
ELISABETH DALANTANG / 151412187
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Elisabeth Dalantang. 2017. Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Metode Speed Reading Siswa Kelas IV Di SDN No 99 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah Keterampilan Membaca Siswa dapat Ditingkatkan melalui Metode Speed Reading di kelas IV SDN No 99 Sipatana ?". Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca menggunakan metode speed reading pada siswa kelas IV SDN No 99 Sipatana Kota Gorontalo. Metodologi penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan observasi awal diperoleh hasil kemampuan membaca dari 25 orang siswa hanya 11 orang siswa yang mampu (44%), kemudian pada siklus I kemampuan membaca melalui metode speed reading meningkat menjadi 20 orang siswa yang mampu (80%), Selanjutnya pada siklus II memperoleh peningkatan kemampuan membaca siswa mencapai 25 orang siswa yang mampu (100%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode speed reading dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV di SDN No 99 Sipatana Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Metode Speed Reading.
Download berkas