Penulis / NIM
SRI NURHAYATI T. BAU / 151412188
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Sri Nurhayati T. Ba'u. 2016 penerapan Model pembelajaran Numbered Heads Together dalam Membaca Nyaring Pada Siswa Kelas IV SDN 14 Botumoito Kabupten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendiidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Hj Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa membaca nyaring dengan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together. Adapun tujuan penelitian adalah mendeskripsikan bagaimana kemampuan siswa dalam membaca nyaring dengan Penerapan model pembelajaran Numberd Heads Together di kelas IV SDN 14 Botumoito Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa membaca nyaring dengan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together di kelas IV bahwa siswa sudah sebagian besar yang mampu sesuai dengan aspek yang diamati yaitu kejelasan/kenyaringan suara, kelancaran membaca, pengucapan lafal dan intonasi, dan tanda baca. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang berjumlah 16 orang sudah 14 orang siswa atau 87,5% yang sudah mampu, dan 2 orang siswa atau 12,5% yang masih kurang mampu. Selain itu penerapan model pembelajaran yang dilaksanakan guru kelas IV sudah sesuai harapan artinya guru sudah menerapkan sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran NHT.
Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN 14 Botumoito Kabupaten Boalemo sudah mampu membaca nyaring dengan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together.
Kata Kunci : Membaca Nyaring, NHT
Download berkas