Penulis / NIM
HASNA YULIYANTI PALAI / 151412191
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Hasna Yuliyanti Palai. 2016. Kemampuan Siswa Menganalisis Unsur-unsur Cerita Dongeng Malin Kundang di kelas V SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa menganalisis unsur-unsur cerita dongeng Malin Kundang di kelas V SDN 4 Telaga kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian yakni mendeskripsikan kemampuan siswa menganalisis unsur-unsur cerita dongeng Malin Kundang di kelas V SDN 4 Telaga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian tentang kemampuan siswa menganalisis unsur-unsur cerita dongeng Malin Kundang di kelas V SDN 4 Telaga kabupaten Gorontalo dari sejumlah 36 siswa yang mampu terdapat 29 atau 80.55%, 6 siswa atau 16.66% yang kurang mampu, 1 siswa atau 2.77% yang tidak mampu menganalisis unsur-unsur cerita dongeng Malin Kundang. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN 4 Telaga kabupaten Gorontalo sudah mampu dalam menganalisis unsur-unsur cerita dongeng Malin Kundang.
Kata Kunci : Menganalisis, Unsur-unsur cerita, Malin Kundang
Download berkas