Penulis / NIM
NELAWATY MOHAMAD / 151412192
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Nelawaty Mohamad. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dengan pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Dra.Hj Hakop Walangadi, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaiamana penggunaan model Role Playing dalam pembelajaran PKn di kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan menggunakan analisis data, mereduksi data, menyajikan secara kualitatif yang bertujuan sebagai bahan masukan dan informasi yang bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran PKn berdasarkan penggunaan model Role Playing didalam pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Role Playing dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN 4 telaga Kabupaten Gorontalo dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas, partisipasi, keaktifan dan pemahaman siswa di dalam pembelajaran PKn. Terlihat dari jumlah siswa 30 orang terdapat 28 siswa yang dapat memberikan respon yang positif dalam pembelajaran Pkn siswa mampu menjawab pertanyaan yang diajukan guru dan dapat berperan aktif di dalam pembelajaran dengan menggunakan model Role Playing dan terdapat 27 siswa yang senang belajar PKn.
Kata kunci : Model Role Playing, Pelajaran PKn
Download berkas