Penulis / NIM
NILAWATI A. IDIRANI / 151412204
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Idirani, Nilawati A. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang materi sumber daya alam di kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam di kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 25 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah "jika guru menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo akan meningkat". Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75 sebanyak 14 siswa dengan presentase 56 % sedangkan siklus II, telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 22 siswa dengan prentase 88 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Sumber Daya Alam, Model Problem Based Learning
Download berkas