Penulis / NIM
DEWI SUSILAWATI DAUD / 151412205
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Daud, Susilawati Dewi. 2016 Pengaruh Metode Guided Discovery Dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 5 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh metode guided discovery terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 5 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui pengaruh metode guided discovery terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV, penelitian ini dilaksanakan di SDN 5 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen tanpa menggunakan kelas kontrol dengan desain penelitiannya one group pre test post test design. Pengambilan data menggunakan instrument tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t test penelitian menunjukan bahwa t_hitung (7,10) dan t_tabel (1,72). Dengan demikian terdapat pengaruh metode guided discovery terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 5 Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Metode guided discovery, hasil belajar
Download berkas