Penulis / NIM
SILVIA HS. MA'RUF / 151412210
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Maruf, Silvia. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Torso Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Rangka Manusia dan Fungsinya Kelas IV SDN 49 Hulonthalangi. Skripsi, Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd selaku pembimbing I dan Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd selaku pembimbing II.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan media torso terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi rangka manusia dan fungsinya di kelas IV SDN 49 Hulonthalangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media torso terhadap hasil belajar siswa Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan model pre experimental design rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 49 Hulonthalangi dengan jumlah sampel 23 orang siswa.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dependen. Dengan nilai rata-rata sebelum menggunakan media torso yaitu 62,00 dan sesudah menggunakan media torso yaitu 83,22. Hal ini juga ditunjukan dari hasil uji t dependen diperoleh nilai thitung sebesar 7,86 dan data yang diperoleh berdasarkan distribusi ttabel sebesar 1.72. Jika dibandingkan harga thitung dengan ttabel, maka harga thitung lebih besar dari ttabel. H0 di tolak jikalau Ha diterima, berarti hasil tersebut signifikan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan media torso terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi rangka manusia dan fungsinya di kelas IV SDN 49 Hulonthalangi.
Kata kunci : Media, torso, dan Hasil Belajar
Download berkas