Penulis / NIM
MONALISYA SYAMSUDDIN / 151412212
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Monalisya Syamsuddin, 2017."Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas II SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo". Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Yusuf Jafar M.Pd Pembimbing 2 Hj. Sumarni Mohamad S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui media cerita bergambar pada siswa kelas II SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca pada kelas II SDN 4 Telaga, Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Metodologi penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dokumentasi.
Pada observasi awal sebanyak 9 siswa atau sebesar 34,6% dari 26 siswa memiliki kemampuan membaca. Pada siklus I menggunakan media cerita bergambar mengalami peningkatan menjadi 12 siswa (67,3%). Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,6% atau 22 siswa dari 26 jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca kelas II di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Media Cerita Bergambar.
Download berkas