Penulis / NIM
NOVIA PALOWA / 151412213
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Novia palowa. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan SAVI (Somatik, Auditori, Visual dan Intelektual) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Tentang Sumber Daya Alam Di Kelas IV SDN No. 56 Dumbo Raya. Skripsi, Program Studi SI-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si. pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M,Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN No. 56 Dumbo Raya. Penelitian adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui pendekatan SAVI di kelas IV SDN No 56 Dumbo Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa yang berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes evaluasi hasil belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan pendekatan SAVI pada materi sumber daya alam maka hasil belajar siswa kelas IV SDN No. 56 Dumbo Raya akan meningkat. Hal ini ditandai pada peningkatan hasil belajar siswa dari 68,9% meningkat mencapai 84,1% daya serap dan nilai rata-rata setiap siklus. hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan capaian hasil belajar siswa telah melebihi indikator keberhasilan yang telah dirumuskan yaitu 80 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pendekatan SAVI (Somatik, Auditori, Visual, dan Intelektual).
Download berkas