Penulis / NIM
MARLES ASTRINI SEIK / 151412214
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Seik, Marles Astrini. 2016. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Gamar Abdullah S.Si, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SDN 84 Kota Tengah. Sampel penelitian siswa kelas V terdiri dari 36 orang. Data kecerdasan emosional diperoleh dari angket yang diberikan kepada siswa, sedangkan nilai hasil belajar mata pelajaran IPA diperoleh dari nilai ujian tengah semester siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik statistik yaitu korelasional product moment. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,51 dan uji keberartian koefisien korelasi uji t diperoleh thitung (3,46) > ttabel (2,04) pada taraf nyata = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 84 Kota Tengah.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Siswa
Download berkas