SKRIPSI

Penulis / NIM
RIWIN MOODUTO / 151412220
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Riwin Mooduto.2016. Pemanfaatan Sumber belajar Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS di Kelas III SDN 14 Botumoito Kabupaten Boalemo. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan pembimbing II Nurhayati Tine S.Pd.I M,Hi Penelitian didasarkan pada rumusan masalah yaitu: "Bagaimana Pemanfaatan sumber belajar dalam memotivasi belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas III SDN 14 Botumoito Kabupaten Boalemo". Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Pemanfaatan sumber belajar dalam memotivasi belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas III SDN 14 Botumoito Kabupaten Boalemo. Untuk hasil dari data penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan teknis analisis data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di kelas III SDN 14 Botumoito Kabupaten Boalemo diperoleh bahwa sumber belajar yang di sekolah kurang dan belum dimanfaatkan secara efektif. Adapun Sumber belajar yang kurang dalam proses pembelajaran yaitu buku mata pelajaran, perpustakaan yang belum memotivasi siswa belajar karena perpustakaan dibuka waktu istrahat dan perpustakaan ini memiliki Hambatan yaitu masih kurang koleksi perpustakaan terutama jumlah buku untuk mata pelajaran IPS dan terbatasnya sarana dan prasarana yang ada di perpustakaan dan Penataan ruang perpustakaan belum maksimal, dan lingkungan sekolah yang tidak mendukung proses pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yaitu pemanfaatan sumber belajar di kelas III SDN 14 Botumoito Kabupaten boalemo hanya beberapa siswa sudah memanfaatkan sumber belajar dengan baik walaupun sumber belajar kurang, dan sebagian siswa belum termotivasi belajar karena sumber belajar kurang. Kata kunci : Sumber belajar, Motivasi, Pembelajaran IPS
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011