SKRIPSI

Penulis / NIM
INDRIANI SULEMAN / 151412223
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK INDRIANI SULEMAN. Peran Sekolah Dalam Menerapkan Disiplin Di SDN 66 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi SI Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra, Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.PdI, M.HI. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Peran Sekolah Dalam Menerapkan Disiplin Di SDN 66 Kota Timur?". Tujuan dari penelitian ini adalah "mengetahui peran sekolah dalam menerapkan disiplin di SDN 66 Kota Timur". Metode penelitian ini kualitatif dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Peran skolah dalam menerapkan disiplin di SDN 66 Kota Timur dilakukan dengan beberapa cara, yaitu : 1) Pada Intra sekolah yang meliputi a) Disiplin dalam hubungannya dengan waktu belajar, b) Disiplin yang ada hubungannya dengan tempat belajar, c) Disiplin yang ada hubungannya dengan norma dan peraturan dalam belajar. 2) Pada ekstrakurikuler meliputi a) Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, b) Sikap keingintahuan anak terhadap hal-hal baru akan mendorong mereka untuk lebih bereksplorasi, dan membangun kepercayaan diri, c) Diluar kelas biasanya anak akan lebih mudah mengekspresikan sisi emosionalnya, d) Berhubungan dengan orang-orang dalam satu klub ekstrakurikuler akan membantu anak mengasah keterampilan kepemimpinan, Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa sekolah sudah maksimal, yaitu menumbuhkan sikap sadar diri terhadap siswa sehingga siswa menjadi disiplin, saling menjaga komunikasi, mendorong siswa menjadi patuh, dan selalu mengakui suatu sikap yang dianggap salah. Kata kunci : Sekolah Dasar, Disiplin, Siswa ABSTRACK INDRIANI SULEMAN. 2017. Role of School in Applying discpline at SDN 66 Kota Timur, Gororontalo city. Skripsi. Bachelor study program of elementary school teacher education, faculty of education, state university og Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd and Co-supervisor of is Nurhayati Tine, S.PdI, M.HI. The research problem is addressed to how the school's roll in applying discipline at SDN 66 Kota Timur, Gorontalo city is. The research aims at understanding school's role in applying discipline at SDN 66 Kota Timur, Gorontalo city. It applies qualitative method while techniques of data collection are interview, observation, and recumantation. Data analysis applies qualitative descriptive which covers data reduction, data presentation, and conclusion. Research findings reveal that the school's role in applying discipline are conducted in several ways such as 1) intra school are about a) discipline on time for studying, b) discipline on place to study, c) discipline on the relationship between norm and rules in learning. 2) Extracurricular are, a) participation in the school events, b) child's curiosity to new things encourages them to explore and establish self-confidence, c) outside of the classroom, children are usually easy to express their emotion, d) interaction among group members will help children to improve their skills and leadership. It can be concluded that he school has been working optimally. It can be observed from an effort to encourage student's self-awareness weach leads to better discipline, communication, obedience, and responsible commited to mistake. Keywords : elementary school, student's, dicipline
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011