SKRIPSI

Penulis / NIM
HASTRIYANDI IRFAN / 151412224
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK Irfan, Hastriandi. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Scaffolding Pada Mata Pelajaran IPA Materi Rangka Manusia Dan Fungsinya Kelas IV Di SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris Panai, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang rangka manusia dan fungsinya di kelas IV SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi rangka manusia dan fungsinya di kelas IV SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan metode pembelajaran scaffolding. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini berjumlah 19 orang siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah "jika guru menggunakan metode pembelajaran scaffolding maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi rangka manusia dan fungsinya di kelas IV SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo akan meningkat". Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 75 sebanyak 13 orang siswa dengan presentase 68%, sedangkan siklus II telah mengalami peningkatan yaitu sebanyak 16 orang siswa dengan presentase 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Rangka Manusia dan Fungsinya, Metode Pembelajaran Scaffolding
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011