Penulis / NIM
MIKI / 151412225
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Miki, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Sistem Pemerintahan Desa di Kelas IV SDN 5 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, MA.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn Kelas IV SDN 5 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada siswa kelas IV SDN 5 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran Pkn Kelas IV SDN 5 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Hal ini dapat dilihat pada pada siklus I dari 29 orang siswa dari jumlah keseluruhan, 10 orang siswa atau 34,5% yang mampu mencapai KKM dengan daya serap 67,62%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang sangat memuaskan yaitu dari 29 orang siswa, 25 orang siswa atau 85% yang mampu mencapai KKM dengan daya serap 77,24%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan desa di kelas IV SDN 5 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Pelajaran PKn
Download berkas