Penulis / NIM
SAID BILALEYA / 151412228
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Said Bilaleya, 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Peristiwa Rotasi dan
Revolusi Bumi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VI
SDN 08 Mananggu. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A.R. Laliyo,
M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe
STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi peristiwa rotasi dan revolusi
bumi di kelas VI SDN 08 Mananggu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
pemahaman siswa tentang Peristiwa Rotasi dan Revolusi Bumi melalui Model
STAD di Kelas VI SDN 08 Mananggu. Metode yang dipakai dalam penelitian
tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4
tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan
evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Peningkatan
pemahaman siswa tentang materi Peristiwa rotasi dan revolusi bumi pada mata
pelajaran IPA di siklus I sampai dengan pelaksanaan tindakan siklus II dengan
menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD nampak sekali terjadi peningkatan
yang positif. Artinya bahwa, dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD
pada pembelajaran IPA khusunya tentang materi Peristiwa rotasi dan revolusi bumi
terhadap peningkatan pemahaman siswa sehingga sangat relefan untuk disajikan
kepada siswa. Data hasil pengamatan pemahaman belajar siswa pada siklus I dan
siklus II, dimana pemahaman siswa pada siklus I mencapai 11 orang atau 57.9%. dan
untuk siklus II meningkat menjadi 16 orang dengan presentase 84.21 %. Hal ini
merupakan salah satu bukti dari keberhasilan penggunaan model pembelajaran STAD
terhadap peningkatan pemahaman belajar siswa pada materi Peristiwa rotasi dan
revolusi bumi.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Model Kooperatif Tipe STAD
Download berkas