Penulis / NIM
SUHARTIN LAGINTA / 151412230
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Suhartin Laginta.2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya
Alam Melalui Metode Diskusi diKelas IV SD Negeri1 Momalia Kab. Bolmong Selatan
Skripsi Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Prof. Dr.H. Abdul Haris PanaI,S.Pd.M.Pd,
pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta,S.Pd.M.Pd.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah :Apakah penggunaan metode diskusi pada
materi sumber daya alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SDN 1
Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan? Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi
sumber daya alam dengan metode diskusi pada Siswa Kelas IV SDN 1 Momalia Kab.
Bolmong Selatan. Berdasarkan kajian teori maka dapat dirumuskan hipotesis tindakanya
itu jika dalam pembelajaran guru menggunakan metode diskusi maka hasil belajar siswa
tentang materi sumber daya alam mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 1 Momalia Kab.
Bolmong Selatan akan meningkat. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan
tindakan terjadi peningkatan hasil belajar siswa sesuai dengan indikator kinerja yang
telah di tetapkan. Berdasarkan hasil tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa dengan
menggunakan metode diskusi pada materi sumber daya alam hasil belajar siswa kelas IV
SDN 1 Momalia Kabupaten Bolmong Selatan meningkat.
Kata Kunci : Metode diskusi meningkatkan hasil belajar siswa
Download berkas