Penulis / NIM
KHALISAH PAKAYA / 151412231
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
Khalisah Pakaya. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tokoh-tokoh pergerakan nasional melalui model Think-Pair-Share pada siswa kelas V SDN No. 57 Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Muchtar Ahmad, S.Pd M.Si
Masalah penelitian ini yaitu Apakah model pembelajaran think-pair-share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi tokoh-tokoh pergerakan Nasional di kelas V SDN No. 57 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi tokoh-tokoh pergerakan Nasional di kelas V SDN No. 57 Dumbo Raya Kota Gorontalo melalui model pembelajaran think-pair-share.
Penelitian dilaksanakan di SDN 57 Dumbo Raya Kota Gorontalo kelas V dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari laki-laki 11 perempuan 9 orang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi tokoh-tokoh pergerakan nasional.
Dari kegiatan hasil kegiatan dalam 2 siklus terlihat bahwa pada data observasi awal presentase ketuntasan hasil belajar hanya 10 % atau 2 orang siswa yang tuntas. Siklus I menjadi 35 % atau 7 orang siswa. Oleh karena pada siklus I belum mencapai 75 % maka tindakan dilanjutkan ke siklus II dan terjadi kenaikan prosentase hasil belajar menjadi 90 % atau 18 orang siswa yang tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa indicator kinerja dalam penelitian ini telah tercapai.
Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model think pair share pada materi tentang tokoh-tokoh pergerakan nasional pada pelajaran IPS terbukti dengan hasil belajar siswa yang meningkat dengan baik.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Think Pair Share.
Download berkas