Penulis / NIM
IRA LANTOWA / 151412235
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Ira Lantowa. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Model Number Head Together Kelas II SDN 2 Karya Baru Kabupaten Pohuwato. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Bimbingan Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Dra. Dajani Suleman, M.Hum selaku pembimbing II.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model number head together dapat meningkatkan kemampuan siswa bercerita di Kelas II SDN 2 Karya Baru Kabupaten Pohuwato. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1secara klasikal menunjukkan sudah mampu bercerita hanya 9 orang 60% . Sedangkan 6 orang siswa atau 40% yang belum mampu bercerita, atau berada di bawah indikator kinerja yang telah ditetapkan. Adapun pada siklus 2 meningkat menjadi 12 orang siswa melebihi indikator kinerja yang telah ditetapkan atau yang sudah mampu bercerita sebesar 80%. Sedangkan 3 orang siswa atau 20% yang belum mampu dalam bercerita
Sehingga hipotesis Jika guru menggunakan model Number Head Together dalam pembelajaran bahasa indonesia, maka dapat meningkatkan kemampuan siswa bercerita di Kelas II SDN 2 Karya Baru telah terbukti dan dapat diterima.
Kata Kunci: Kemampuan Bercerita, Model Number Head Together
Download berkas