Penulis / NIM
YUSNIYATI SUMA / 151412237
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Yusniyati Suma. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam melalui model Contextual Teaching And Learning di kelas IV SDN 28 Bongomeme. Skripsi, Program Studi S-I Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. Abdul Haris PanaI,S.Pd,M.Pd. Pembimbing II Drs.Djotin Mokoginta,S.Pd,M.Pd.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model contextual teaching and learning pada materi sumber daya alam dikelas IV SDN 28 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Adapun yang menjadi hipotesis tindakan pada penilitian ini adalah “jika dalam pembelajaran IPA pada materi sumber daya alam digunakan model contextual teaching and learning maka hasil belajar siswa dikelas IV SDN 28 Bongomeme dapat meningkat”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, siswa yang hasil belajarnya telah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan yakni 70 sebanyak 15 siswa dengan presentase (62,5%). Sedangkan pada siklus II siswa yang hasil belajarnya telah mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 22 siswa dengan presentase 91,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas IV SDN 28 Bongomeme.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Materi Sumber Daya Alam, Model CTL.
Download berkas