Penulis / NIM
LUSIANA BOTUTIHE / 151412239
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
Lusiana Botutihe. NIM 151 412 239. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Jual Beli Pada Pembelajaran IPS Melalui Metode Bermain Peran Di Kelas III SDN 5 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skipsi, Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, 2013.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah melalui Metode Bermain Peran pada materi jual beli dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 5 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jual beli melalui Metode Bermain Peran .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus
Hasil penelitian pada observasi awal dari 20 orang siswa yang dikenakan tindakan hanya 9 orang atau 43% yang berhasil, sementara 11 orang atau 57% belum berhasil. Pada siklus I meningkat dari 13 orang atau 65% yang memperoleh nilai 70 keatas dan 7 orang atau 35% belum berhasil . Prosentase ini meningkat Pada siklus II, dari 20 orang siswa yang dikenakan tindakan, 16 orang siswa atau 80% memperoleh nilai 70 keatas dan 4 siswa atau 20% yang belum tuntas. Untuk siswa yang belum tuntas di berikan remidi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode Bermain Peran meningkatkan hasil belajar pada materi jual beli pada pembelajaran IPS di kelas III SDN 5 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Hasil belajar, Metode Bermain Peran
Download berkas