Penulis / NIM
FITRI PANIGORO / 151412240
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
Fitri Panigoro. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Sederhana Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas III SDN 10 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.Skripsi. Program PPKHB Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Evi Hasyim,M.Pd dan Pembimbing 2, Wiwy T. Pulukadang, S.Pd.,M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana di kelas III SDN 10 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo?”.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuansiswa menulis karangan sederhana melalui pendekatan kontekstual di Kelas III SDN 10 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.
Pada hasil penelitian pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan pendekatan kontekstual, kemampuan siswa belum mencapai indikator yang diharapkan yang mana jumlah siswa yang mampu pada siklus I sebanyak 9 orang (45%). Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan siswa dimana jumlah siswa yang mempumencapai 16 orang (80%) atau indikator kinerja tercapai.
Disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun karangan sederhana.
Kata Kunci: Kemampuan menulis karangan, Pendekatan Kontekstual
Download berkas