SKRIPSI

Penulis / NIM
RIKON DJAAFAR / 151412243
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK Rikon Djaafar : 151 412 243. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Teknologi Produksi Melalui Model Make A Match Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN 57 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd Masalah penelitian ini yaitu apakah melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi produksi di kelas IV SDN 57 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi produksi melalui model pembelajaran make a match.Penelitian dilaksanakan di SDN 57 Dumbo Raya Kota Gorontalo kelas IV dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari laki-laki 11 perempuan 10 orang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi perkembangan teknologi produksi.Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di IV SDN 57 Dumbo Raya Kota Gorontalo khususnya pada siswa kelas IV, bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah, dimana dari 21 orang siswa yang diobservasi sekitar 2 orang atau 10 % yang tuntas, sedangkan sisanya 19 orang siswa atau 90 % yang belum tuntas. Hasil evaluasi tes setelah dilakukan penindakan pada siklus I, terdapat 11 orang siswa atau 52% yang memiliki hasil yang tuntas dan 10 orang siswa atau 48% siswa yang masih belum tuntas hasil tesnya pada siklus I. Sementara hasil evaluasi tes setelah dilakukan, terdapat 18 orang siswa atau 84% yang memiliki hasil yang tuntas dan 3 orang siswa atau 14% siswa yang masih belum tuntas hasil tesnya pada siklus II. Namun menurut peneliti penindakan pada siklus selanjutnya tidak perlu karena kriteria KKM dalam proses pembelajaran telah terpenuhi diatas dari Dengan demikian hipotesis "Hasil belajar siswa tentang materi perkembangan teknologi produksi melalui model Make A Match pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN 57 Dumbo Raya Kota Gorontalo, terbukti atau dapat diterima". Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Make a Match.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011