Penulis / NIM
WINDRA RAJAK / 151412244
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Windra Rajak, 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Konsep
Gaya Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas IV SDN 1 Dudepo Kecamatan
Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Prof. Dr. H.
Abdul Haris PanaI, S.Pd. M.Pd Pembimbing I Irvin Novita Arifin S.Pd. M.Pd
dan Pembimbing II.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : "Apakah dengan Metode
Demonstrasi dapat meningkatkan Pemahaman siswa pada materi Konsep Gaya di
Kelas IV SDN 1 Dudepo Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara"
berdasarkan rumusan masalah di atas maka penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan dengan menggunakan metode Demonstrasi.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan siklus I, yakni
60% dan pada sikus II mencapai 90% dengan demikian secara eksplisit hipotesis
dalam penelitian ini dapat diterima.pada siklus II dimana dari 10 siswa yang
dikenakan tindakan, 9 siswa atau 90% memperoleh kriteria penilaian tuntas
dengan perolehan nilai 70 ke atas, sedangkan 1 siswa atau 10% memperoleh
kriteria tidak tuntas dengan perolehan nilai 65. Simpulan dari penelitian ini adalah
dalam penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa
pada materi konsep gaya di kelas IV SDN 1 Dudepo Kecamatan Anggrek
Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata kunci : Pemahaman Siswa, Metode Demonstrasi
Download berkas