Penulis / NIM
ILYINITA KISMAN ISMAIL / 151412247
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Ilyinita K.Ismail.2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penghematan Air Melalui Media Audio Visual di Kelas V SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan Pembimbing II, Dr. Lukman AR.Laliyo. M.Pd,MM dan Meylan Saleh S.Pd.M.Pd.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penghematan air melalui media audio visual di kelas V SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Subyekan penelitian berjumlah 20 orang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktifitas siswa dan kinerja guru melaksanakan proses pembelajaran test untuk mengukur hasil belajar siswa. Data diambil secara deskriptif dengan tabulasi prosentase. Hasil tindakan melalui siklus I dengan jumlah yang dikenakan tindakan 20 orang dengan hasil belajar menunjukkan bahwa 10 orang atau 50% memperoleh kriteria tuntas sementara 10 orang atau 50% belum tuntas atau belum memenuhi kriteria ketuntasan. Namun setelah dilakukan tindakan melalui siklus II jumlah siswa yang dikenakan tindakan 20 orang terdapat 18 siswa atau 90% mencapai kriteria tuntas dalam meningkatkan hasil belajarnya, sementara 2 siswa atau 10% mencapai kriteria belum tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan jika guru menggunakan media audio visual hasil belajar siswa pada materi penghematan air dapat meningkat.
Kata kunci : Hasil Belajar dan Media Audio Visual
Download berkas