SKRIPSI

Penulis / NIM
AGUSALIM KEDE LAJAMBU / 151412248
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK Agusalim Kede Lajambu. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Negeriku Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan melalui media audio visual prestasi belajar siswa pada tema indahnya negeriku mata pelajaran IPS kelas IV SDN 1 Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara akan meningkat?". Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada tema indahnya negeriku melalui media audio visual pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 1 Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 11 orang siswa perempuan yang pada observasi awal siswa dari 24 orang siswa 6 orang siswa mempeoleh nilai 70 ke atas dengan capaian persentase 25 %, sedangkan 18 orang siswa memperoleh nilai 70 ke bawah dengan capai persentase 75 %. Daya serap yang diperoleh dari rata-rata hasil perolehan nilai yaitu 57 %. Pada siklus I prestasi belajar siswa meningkat yakni dari 24 orang siswa terdapat 15 orang siswa yang memperoleh nilai kurang dari 70 atau sebanyak 62 %, 9 orang atau 37 % memperoleh nilai 70 ke atas dan daya serap yang dicapai dari keseluruhan yakni 62 %. Pada siklus II terjadi peningkatan yakni dari 24 orang siswa 21 orang atau 87 % memperoleh nilai 70 ke atas dari hasil tersebut dinyatakan bahwa kriteria tuntas atau indikator tercapai. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Prestasi Belajar Siswa, Media Audio Visual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011