Penulis / NIM
AGUSALIM KEDE LAJAMBU / 151412248
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Agusalim Kede Lajambu. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Negeriku Mata
Pelajaran IPS Kelas IV SDN 1 Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten
Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. H. Haris
Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan melalui media audio
visual prestasi belajar siswa pada tema indahnya negeriku mata pelajaran IPS
kelas IV SDN 1 Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara akan
meningkat?". Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
pada tema indahnya negeriku melalui media audio visual pada mata pelajaran IPS
di kelas IV SDN 1 Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di
kelas IV SDN 1 Tolango Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara
dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 11 orang
siswa perempuan yang pada observasi awal siswa dari 24 orang siswa 6 orang
siswa mempeoleh nilai 70 ke atas dengan capaian persentase 25 %, sedangkan 18
orang siswa memperoleh nilai 70 ke bawah dengan capai persentase 75 %. Daya
serap yang diperoleh dari rata-rata hasil perolehan nilai yaitu 57 %. Pada siklus I
prestasi belajar siswa meningkat yakni dari 24 orang siswa terdapat 15 orang
siswa yang memperoleh nilai kurang dari 70 atau sebanyak 62 %, 9 orang atau 37
% memperoleh nilai 70 ke atas dan daya serap yang dicapai dari keseluruhan
yakni 62 %. Pada siklus II terjadi peningkatan yakni dari 24 orang siswa 21 orang
atau 87 % memperoleh nilai 70 ke atas dari hasil tersebut dinyatakan bahwa
kriteria tuntas atau indikator tercapai.
Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual
pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Prestasi Belajar Siswa, Media Audio Visual
Download berkas