Penulis / NIM
SRIYANTI NOHO HASAN / 151412249
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Sriyanti N. Hasan. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyimak Melalui Bisik
Berantai di Kelas III SDN 91 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Sumarni
Mohammad, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan siswa menyimak dapat
ditingkatkan melalui melalui bisik berantai di kelas III SDN 91 Sipatana Kota
Gorontalo? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
siswa menyimak melalui bisik berantai di kelas III SDN 91 Sipatana Kota Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilakukan di kelas III sdn 91 Sipatana Kota Gorontalo. Dengan teknik pengumpulan
data observasi tes, dokumentasi, yang dilakukan 2 siklus pada siswa yang berjumlah
20 orang.
Berdasarkan hasil pelaksanaan observasi awal kemampuan siswa yang diperoleh
hanya berjumlah 9 siswa atau sebesar 45%, pada siklus I meningkat menjadi 11 orang
atau sebesar 55% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 18 orang atau ketuntasan
sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan bisik berantai dapat meningkatkan kemampuan siswa menyimak Di
Kelas III SDN 91 Sipatana Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Kemampuan Menyimak, Bisik Berantai.
Download berkas