Penulis / NIM
ASMAWATY A. KOEM / 151412250
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Asmawati Koem. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Media Cerita Bergambar di Kelas II SDN 40 Hulontalangi Kota Gorontalo”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah melalui media cerita bergambar kemampuan berbicara siswa di Kelas II SDN 40 Hulontalangi dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui media cerita bergambar di Kelas II SDN 40 Hulontalangi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif melalui data observasi dan tes dengan jumlah siswa 20 orang.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tahap penelitian pada setiap siklus adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap evaluasi dan tahap analisis dan refleksi. Pada siklus I kemampuan berbicara siswa adalah 55%, dan siklus 2 adalah 80 % dari 20 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa di Kelas II SDN 40 Hulontalangi dapat diterapkan melalui media cerita bergambar
Kata Kunci : kemampuan berbicara, media cerita bergambar
Download berkas