Penulis / NIM
WARNI TOMAYAHU / 151412251
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Warni Tomayahu. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyampaikan Pesan
Pendek melalui permainan Bisik Berantai di Kelas 2 SDN 11 Mananggu Kabupaten
Boalemo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan
Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S,Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan Siswa
Menyampaikan Pesan Pendek melalui permainan Bisik Berantai di Kelas II SDN 11
Mananggu Kabupaten Boalemo. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang
terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap
Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan observasi awal sebanyak 12 siswa (48%) yang sudah
mampu. Pelaksanaan tindakan siklus I dengan rata-rata keberhasilan guru dalam
meningkatkan kemampuan siswa menyampaikan pesan pendek melalui permainan
bisik berantai sebanyak 16 siswa (64%) yang sudah mampu. Dari kegiatan siklus II
adalah rata-rata sebanyak 22 siswa (88%) yang sudah mampu menyampaikan pesan
dengan lancar.
Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa melalui penggunaan permainan bisik berantai
yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan
kemampuan menyampaikan pesan siswa pada setiap siklus. Secara khusus
peningkatan kemampuan tersebut terjadi sangat signifikan pada aspek berbicara
sesuai lafal dan intonasi. Sehingga secara umum kemampuan siswa menyampaikan
pesan pendek melalui permainan bisik di Kelas 2 SDN 11 Mananggu Kabupaten
Boalemo meningkat.
Kata Kunci: Menyampaikan Pesan, Permainan Bisik Berantai
Download berkas