Penulis / NIM
FADLI ILAHUDE / 151412252
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Fadli Ilahude 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Materi Bentuk Energi
dan Cara Penggunaannya melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di
Kelas IV SDN 14 Botumoito. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Lukman
A.R. Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM, dan Pembimbing II. Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif jigsaw pada materi bentuk energi dan cara penggunaannya
pemahaman siswa di kelas IV SDN 14 Botumoito dapat ditingkatkan? Adapun tujuan
penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Materi Bentuk
Energi dan Cara Penggunaannya melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw Di Kelas IV SDN 14 Botumoito. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika
guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, maka pemahaman
siswa pada materi bentuk energi dan cara penggunaannya di kelas IV SDN 14
Botumoito akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan
pemahaman siswa tentang materi bentuk energi dan cara penggunaannya melalui
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SDN 14 Botumoito sesuai
dengan indikator kinerja yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
pemahaman siswa tentang materi bentuk energi dan cara penggunaannya melalui
model pembelajaran tipe jigsaw di kelas IV SDN 14 Botumoito, meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan, Bentuk Energi, Pembelajaran Kooperatif Zigsaw.
Download berkas